• Beyond Cyber Access Success Community

    SURYA PALOH SUKSES ANAK KOLONG DALAM BISNIS MEDIA




    Surya Paloh, 40 tahun, lahir di Tanah Rencong, di daerah yang tak pernah dijajah Belanda. Ia besar di kota Pematang Siantar, Sumut, di daerah yang memunculkan tokoh-tokoh besar semacam TB Simatupang, Adam Malik, Parada Harahap, A.M. Sipahutar, Harun Nasution. Ia menjadi pengusaha di kota Medan, daerah yang membesarkan tokoh PNI dan tokoh bisnis TD Pardede. Aktifitas politiknya yang menyebabkan Surya Paloh pindah ke Jakarta, menjadi anggota MPR dua periode. Justru di kota metropolitan ini, kemudian Surya Paloh terkenal sebagai seorang pengusaha muda Indonesia.

    Surya Paloh mengenal dunia bisnis tatkala ia masih Remaja. Sambil Sekolah ia berdagang teh, ikan asin, karung goni, dll. Ia membelinya dari dua orang ‘toke’ sahabat yang sekaligus gurunya dalam dunia usaha, lalu dijual ke beberapa kedai kecil atau ke perkebunan (PTP-PTP). Di Medan, Surya Paloh mendirikan perusahaan karoseri sekaligus menjadi agen penjualan mobil.

    Sembari berdagang, Surya Paloh juga menekuni kuliahnya di Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara dan Fakultas Sosial Politik, Universitas Islam Sumater Utara, Medan. Di kota yang terkenal keras dan semrawut ini, keinginan berorganisasi yang sudah berkembang sejak dari kota Pematang Siantar, semakin tumbuh subur dalam dirinya. Situasi pada saat itu, memang mengarahkan mereka aktif dalam organisasi massa yang sama-sama menentang kebijakan salah dari pemerintahan orde lama. Surya Paloh menjadi salah seorang pimpinan Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia (KAPPI)

    Setelah KAPPI bubar, ia menjadi Koordinator Pemuda dan Pelajar pada Sekber Golkar. Beberapa tahun kemudian, Surya Paloh mendirikan Organisasi Putra-Putri ABRI (PP-ABRI), lalu ia menjadi Pimpinan PT-ABRI Sumut. Bahkan organisasi ini, pada tahun 1978, didirikannya bersama anak ABRI yang lain, di tingkat pusat Jakarta, dikenal dengan nama Forum Komunikasi Putra-Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI).

    Kesadarannya bahwa dalam kegiatan politik harus ada uang sebagai biaya hidup dan biaya perjuangan, menyebabkan ia harus bekerja keras mencari uang, dengan mendirikan perusahaan atau menjual berbagai jenis jasa. Ia mendirikan perusahaan jasa boga, yang belakangan dikenal sebagai perusahaan catering terbesar di Indonesia. Keberhasilannya sebagai pengusaha jasa boga, menyebabkan ia lebih giat belajar menambah ilmu dan pengalaman, sekaligus meningkatkan aktifitasnya di organisasi.

    Menyusuri kesuksesan itu, ia melihat peluang di bidang usaha penerbitan pers. Surya Paloh mendirikan Surat Kabar Harian Prioritas. Koran yang dicetak berwarna ini, laku keras. Akrab dengan pembacanya yang begitu luas sampai ke daerah-daerah. Sayang, surat kabar harian itu tidak berumur panjang, keburu di cabut SIUPP-nya oleh pemerintah. Isinya dianggap kurang sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik Indonesia.

    Kendati bidang usaha penerbitan pers mempunyai risiko tinggi, bagi Surya Paloh, bidang itu tetap merupakan lahan bisnis yang menarik. Ia memohon SIUPP baru, namun, setelah dua tahun tak juga keluar. Minatnya di bisnis pers tak bisa dihalangi, ia pun kerjasama dengan Achmad Taufik Menghidupkan kembali Majalah Vista. Pada tahun 1989, Surya Paloh bekerja sama dengan Drs. T. Yously Syah mengelola koran Media Indonesia. Atas persetujuan Yously sebagai pemilik dan Pemrednya, Surya Paloh memboyong Media Indonesia ke Gedung Prioritas. Penyajian dan bentuk logo surat kabar ini dibuat seperti Almarhum Prioritas. Kemajuan koran ini, menyebabkan Surya Paloh makin bersemangat untuk melakukan ekspansi ke berbagai media di daerah. Disamping Media Indonesia dan Vista yang terbit di Jakarta, Surya Paloh bekerjasama menerbitkan sepuluh penerbitan di daerah.

    Pada umurnya yang masih muda, 33 tahun, Surya Paloh berani mempercayakan bisnis cateringnya pada manajer yang memang disiapkannya. Pasar catering sudah dikuasainya, dan ia menjadi the best di bisnis itu. Lalu, ia mencari tantangan baru, masuk ke bisnis pers. Padahal, bisnis pers adalah dunia yang tidak diketahuinya sebelum itu. Kewartawanan juga bukan profesinya, tetapi ia berani memasuki dunia ini, memasuki pasar yang kelihatannya sudah jenuh. Ia bersaing dengan Penerbit Gramedia Group yang dipimpin oleh Yakob Utama, wartawan senior. Ia berhadapan dengan Kartini Grup yang sudah puluhan tahun memasuki bisnis penerbitan. Ia tidak segan pada Pos Kota Group yang diotaki Harmoko, mantan Menpen RI. Bahkan, ia tidak takut pada Grafisi Group yang di-back up oleh pengusaha terkenal Ir. Ciputra, bos Jaya Group.

    Kendati kondisi pasar pers begitu ramai dengan persaingan. Surya Paloh sedikit pun tak bergeming. Bahkan ia berani mempertaruhkan modal dalam jumlah relatif besar, dengan melakukan terobosan-terobosan baru yang tak biasa dilakukan oleh pengusaha terdahulu. Dengan mencetak berwarna misalnya. Ia berani menghadapi risiko rugi atau bangkrut. Ia sangat kreatif dan inovatif. Dan, ia berhasil.

    Surya Paloh menghadirkan koran Proritas di pentas pers nasional dengan beberapa keunggulan. Pertama, halaman pertama dan halaman terakhir di cetak berwarna. Kedua, pengungkapan informasi kelihatan menarik dan berani. Ketika, foto yang disajikan dikerjakan dengan serius. Faktor-faktor itulah yang menyebabkan koran ini dalam waktu singkat, berhasil mencapai sirkulasi lebih 100 ribu eksemplar. Tidak sampai setahun, break event point-nya sudah tercapai.

    Ancaman yang selalu menghantui Prioritas justru bukan karena kebangkrutan, tetapi pencabutan SIUPP oleh pemerintah. Terbukti kemudian, ancaman itu datang juga. Koran Prioritasnya mati dalam usia yang terlalu muda. Pemberitaannya dianggap kasar dan telanjang. Inilah risiko terberat yang pernah dialami Surya Paloh. Ia tidak hanya kehilangan sumber uang, tetapi ia juga harus memikirkan pembayaran utang investasi.

    Dalam suasana yang sangat sulit itu, ia tidak putus asa. Ia berusaha membayar gaji semua karyawan Prioritas, sambil menyusun permohonan SIUPP baru dari pemerintah. Namun permohonan itu tidak dikabulkan pemerintah. Beberapa wartawan yang masih sabar, tidak mau pindah ke tempat lain, dikirim Surya Paloh ke berbagai lembaga manajemen untuk belajar.

    Pers memang memiliki kekuatan, di negara barat, ia dikenal sebagai lembaga keempat setelah legislatif, yudikatif dan eksekutif. Apalagi kebesaran tokoh-tokoh dari berbagai disiplin ilmu atau tokoh-tokoh dalam masyarakat, sering karena peranan pers yang mempublikasikan mereka. Bagaimana seorang tokoh diakui oleh kalangan masyarakat secara luas, kalau ia di boikot oleh pers. Dengan demikian, bisnis pers memang prestisius, memberi kebanggaan, memberi kekuatan dan kekuasaan. Dan, itulah bisnis Surya Paloh.

    0 comments:

    Post a Comment

    Flag Counter
     

    Berpikir Biasa, Bertindak Luar Biasa

    .

    Ijinkan Saya Berbagi, Membantu anda meraih Sukses

    Orang Sukses adalah yang bermanfaat bagi orang lain.Kebahagiaan itu bukan seberapa banyak yang telah kita terima, namun seberapa banyak manfaat yang telah kita berikan untuk orang lain. Hidup harus berbagi, karena dengan berbagi kita sadar bahwa hidup tidak sendiri. Dengan berbagi kita tidak akan pernah rugi. Kita senang jika orang lain juga senang, kita menjadi sukses jika bisnis orang lain juga sukses.

    Membantu orang lain Bisa Sukses :
    1. memiliki bisnis yang Sukses
    2. memiliki rezeki yang lancar
    3. memiliki aset hasil bisnis
    4. berani mengambil resiko dalam persaingin Bisnis

    Semua ingin memiliki bisnis yang sukses, rezeki lancar, asset meningkat dan bisa menikmati hidup dengan lebih baik. Liburan ke Bali, Singapore, umroh. Itu Impian semua orang.

    Namun hanya sedkit yang tahu caranya, mereka takut memulai bisnis dan berani mengambil resiko untuk meraih mimpi dan keinginan. Bahkan untuk bermimpi yang indah-indah dan tinggi saja takut. Mimpi itu GRATIS, kenapa musti takut.

    Sudah sekian tahun saya menekuni bisnis. Bisnis menjadi besar dan keinginan banyak yang tercapai karena saya telah menemukan FORMULA BISNIS yang dahsyat. Formula bisnis itu adalah “BANYAK BERBAGI”.
    Ya cukup sederhana kalimatnya. Namun begitu POWER FULL dan Dahsyat Impact nya.

    Kini pilihan ada pada anda, jika masih enjoy jadi karyawan, masih terima dengan keadaan ekonomi dan keuangan saat ini, masih suka menganggur, lebih suka ngontrak tidak ingin beli rumah sendiri, tidak ingin menikmati hidup dengan lebih baik dan sejahtera, semua itu menjadi keputusan anda. Saya hanya akan berbagi untuk anda yang memang ingin merubah keadaan menjadi lebih baik (Teruskan membaca artikel disini).

    Salam Enterpreneur

    Promosi & Pemasaran Melalui Internet

    .

    Jurus Tetap Miskin Dalam Hidup

    Kenapa banyak orang tidak kaya?
    Karena mereka selalu memakai jurus tetap miskin.
    Apa saja jurus tetap miskin itu?
    Keyakinan yang salah
    Tujuan tidak jelas
    Menganggap tujuan tidak mustahil
    Tidak merasa harus
    Tidak punya strategi yang handal
    Tidak punya jalur yang alamiah yang mudah tercapai
    Tidak punya rencana yang realistik
    Tidak melakukan tindakan sesuai rencana
    Tidak melakukan monitor dan penyelarasan
    Meletakkan tanggung jawab kepada orang lain
    Mudah menyerah
    Tidak mengelola seperti bisnis yang harus untung
    Terpengaruh oleh pesimisme dan optimisme orang lain
    Tidak punya mentor yang baik

    Beberapa saran ini untuk kaum muda:

    Jauhkan diri anda dari kredit bank atau kartu kredit, dan berinvestasi dengan apa yang anda miliki.
    Dan ingatlah ini:

    A. Uang tidak membuat orang, Orang-oranglah yang membuat uang.
    B. Jalani kehidupan sederhana milik anda sendiri.
    C. Jangan melakukan apapun yang orang lain katakan. Dengarkan mereka tapi hanya melakukan apa yang baik.
    D. Jangan memakai barang bermerk, pakailah yang membuat anda benar-benar nyaman.
    E. Jangan membuang uang anda pada sesuatu yang tidak benar-benar penting.
    F. Jika anda berhasil sukses dalam hidup, berbagilah dan ajarkan pada orang lain.

    “Orang bahagia bukanlah seseorang yang besar dalam segala hal, tetapi seseorang yang dapat menemukan kesederhanaan dalam hidup.” – Warren Buffett -

    Pilih dengan bijak cara hidup anda!

    Penghasilan yang Luar Biasa

    .

    Kurikulum Beyond Cyber Access Success Community

    1. Kecerdasan Financial : Cashflow Quadrant
    2. Kecerdasan Enterpreneur
    3. Kecerdasan Sedekah
    4. Kecerdasan Otak Kanan / Alam Bawah Sadar :
    Visi Pemimpin / Impian Terdalam
    5. Kecerdasan Alam Semesta :
    Ilmu Komunikasi & Retorika
    6. Kecerdasan Spiritual / Emosional

    Konsentrasi Pendidikan Beyond Cyber Access Success Community:

    Mengasah kecerdasan emosional,
    Kecerdasan Hipnosis Marketing, kecerdasan financial,
    Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Alam Bawah Sadar, Kecerdasan Alam Semesta
    Mempertajam kreativitas Enterpreneur.

    Misi Beyond Cyber Access Success Community :
    1. Membangun keberanian enterpreneur (kecerdasan otak kanan)
    2. Menguasai teknik komunikasi dan retorika (kecerdasan sedekah & kecerdasan alam semesta)
    3. Melakukan pendampingan & konsultasi bagi para visitor sampai berhasil sukses.

    Tanyakan Pada Diri Sendiri Pertanyaan-Pertanyaan yang Menginspirasi

    Apakah impian anda cukup penting untuk mengubah gaya hidup anda sehari-hari?
    Apakah anda ingin bertanggung jawab atas keputusan-keputusan dalam hidup anda?
    Apakah anda memiliki keberanian untuk pergi menuju apa yang anda inginkan dengan keuletan dan melihatnya sampai akhir?
    Dapatkah anda menerima bahwa rasa takut adalah bagian dari perjalanan dan anda tetap bergerak maju?
    Dapatkah anda mengakui bahwa rasa takut hanya dapat menjadi penguasa anda jika memang anda membiarkan hal itu terjadi?
    Mampu mengatasi keraguan dan ketakutan sehingga anda dapat mewujudkan kehidupan yang anda impikan adalah salah satu pengalaman terbaik di dunia! Kendalikan hidup anda dengan berlatih langkah sederhana diatas dan pelajari cara untuk menjinakkan rasa takut dan buatlah hidup anda menjadi lebih bahagia dan sukses.